Jumat, 01 November 2019

ABSTRAK


PERBEDAAN PERSEPSI PENGGUNA JASA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ANTARA OJEK KONVENSIONAL DAN OJEK ONLINE

Michellin Hanada F

Fakultas Psikologi
Universitas Gunadarma


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan persepsi pengguna jasa terhadap kualitas pelayanan antara ojek konvensional dan ojek online. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna jasa ojek (online maupun konvensional) yang pernah menggunakan jasa ojek (online maupun konvensional) dalam rutinitasnya sehari-hari, baik laki-laki maupun perempuan, intensif menggunakan min 2x dalam seminggu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner berupa skala kualitas pelayanan. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan teknik analisis Paired Sample t Test. Dari hasil penelitian yang telah dianalisis diketahui bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan mengenai persepsi pengguna jasa terhadap kualitas pelayanan antara ojek konvensional dan ojek online. Berdasarkan mean empirik pada kualitas pelayanan ojek konvensional berada pada kategori sedang sedangkan pada kualitas pelayanan ojek online berada pada kategori tinggi. Hal ini menandakan bahwa kualitas pelayanan dari ojek online lebih baik dari ojek konvensional. Pengguna jasa memilih menggunakan ojek online untuk jarak tempuh yang jauh sedangkan menggunakan ojek konvensional dengan jarak tempuh yang dekat. Banyaknya keluhan yang diterima ojek konvensional ialah mengenai tercium bau yang tidak sedap, kurang aman.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Ojek Konvensional, Ojek Online


0 komentar:

Posting Komentar

 

Michell Hanada Template by Ipietoon Cute Blog Design