PERBEDAAN PERSEPSI PENGGUNA JASA
TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ANTARA OJEK KONVENSIONAL
DAN
OJEK ONLINE
Michellin
Hanada F
Fakultas
Psikologi
Universitas
Gunadarma
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk melihat perbedaan persepsi pengguna jasa terhadap kualitas
pelayanan antara ojek konvensional dan ojek online. Responden dalam penelitian
ini adalah pengguna jasa ojek (online maupun konvensional) yang pernah
menggunakan jasa ojek (online maupun konvensional) dalam rutinitasnya
sehari-hari, baik laki-laki maupun perempuan, intensif menggunakan min 2x dalam
seminggu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner berupa skala
kualitas pelayanan. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan teknik analisis
Paired Sample t Test. Dari
hasil penelitian yang telah dianalisis diketahui bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan mengenai persepsi pengguna jasa
terhadap kualitas pelayanan antara ojek konvensional dan ojek online. Berdasarkan mean
empirik pada kualitas pelayanan ojek konvensional berada pada kategori sedang sedangkan pada kualitas
pelayanan ojek online berada pada kategori tinggi. Hal ini menandakan bahwa kualitas pelayanan dari ojek
online lebih baik dari ojek konvensional. Pengguna jasa memilih menggunakan
ojek online untuk jarak tempuh yang jauh sedangkan menggunakan ojek
konvensional dengan jarak tempuh yang dekat. Banyaknya keluhan yang diterima
ojek konvensional ialah mengenai tercium bau yang tidak sedap, kurang aman.
Kata
kunci: Kualitas Pelayanan, Ojek Konvensional, Ojek Online
0 komentar:
Posting Komentar